Sabtu, 19 Mei 2012

PESUT MAHAKAM


 Pada jaman dahulu kala di rantau Mahakam, terdapat sebuah dusun yang didiami oleh beberapa keluarga. Mata pencaharian mereka kebanyakan adalah sebagai petani maupun nelayan. Setiap tahun setelah musim panen, penduduk dusun tersebut biasanya mengadakan pesta adat yang diisi dengan beraneka macam pertunjukan ketangkasan dan kesenian. Ditengah masyarakat yang tinggal di dusun tersebut, terdapat suatu keluarga yang hidup rukun dan damai dalam sebuah pondok yang sederhana. Mereka terdiri dari sepasang suami-istri dan dua orang putra dan putri.

Kamis, 17 Mei 2012

CONTOH PENULISAN KAJIAN PUSTAKA

Dalam suatu karya ilmiah tertentu, khususnya untuk karya ilmiah yang merupakan hasil penelitian mahasiswa dalam proses penyusunan makalah, skripsi, tesis, bahkan disertasi. Diketahui bahwa dalam laporan penelitian baik itu yang masih berupa proposal maupun sudah menjadi laporan hasilnya. Dalam proposal dan laporan penelitian tersebut, terdapat suatu bagian yang memaparkan kajian terhadap beberapa referensi buku atau pun artikel lainnya sebagai penguatan argumen sendiri. Bagian tesebut biasa dinamakan dengan kajian pustaka

KUTIPAN

Kutipan adalah pengambilan satu kalimat atau lebih dari karya tulisan lain untuk tujuan ilustrasi atau memperkuat argumen dalam tulisan sendiri. Kutipan sering digunakan dalam penulisan karya ilmiah, baik itu malakah, skripsi, tesis, disertasi, paper, atau artikel dan yang lainnya. Bahan-bahan yang dimasukkan sebagai kutipan adalah bahan yang tidak atau belum menjadi pengetahuan umum, hasil-hasil penelitian terbaru dan pendapat-pendapat seseorang yang tidak atau belum menjadi pendapat umum.

PENNULISAN DAFTAR PUSTAKA

Daftar pustaka merupakan salah satu bagian dari pelengkap penutup pada karya ilmiah. Daftar pustaka berisi buku-buku atau artikel terkait dengan judul karya ilmiah yang ditulis. Tujuan dibuatnya daftar pustaka ini sendiri untuk menunjukkan buku-buku apa saja yang dijadikan referensi atau acuan dalam mendukung penelitian karya ilmiah. Daftar pustaka mencakup nama pengarang, tahun terbit buku, judul buku, tempat penerbit (kota), dan nama penerbit. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan daftar pustaka:

Rabu, 16 Mei 2012

CONTOH PENDAHULUAN KARYA TULIS ILMIAH


Berikut contoh penulisan pendahuluan dalam sebuah karya ilmiah yang mencakup latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penulisan baik secara teoritis maupun praktis, dan penjelasan istilah yang terkait dengan judul karya tulis ilmiah ini (untuk penjelasan istilah, ditulis jika perlu).

KARYA ILMIAH

Karya tulis ilmiah berdasarkan penelitian disebut karya ilmiah. Karya ilmiah yang lengkap biasanya terbagi menjadi tiga besar, yakni (1) bagian pelengkap pendahuluan, (2) bagian isi atau pembahasan, dan (3) bagian penlengkap penutup.
Bagian pelengkap pendahuluan terdiri dari halaman judul, halaman motto, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, arti lambang dan singkatan, serta abstrak (berisi gambaran umum isi karya ilmiah).

FRASE

A. Batasan Frase
Frase adalah satuan gramatikal yang merupakan kesatuan linguistik dan tidak melebihi batas fungsi atau jabatan kalimat (S, P, O, Pel, dan K). Sebuah kalimat Adik saya sedang belajar di kamar dibagi menjadi beberapa frase:
adik saya : menduduki fungsi subjek
sedang belajar : menduduki fungsi predikat

PENALARAN

Dalam menyimpulkan sesuatu, kita dapat menggunakan daya nalar secara logis dan sistematis. Dari proses pengambilan simpulan itu, penalaran dapat dibedakan atas penalaran induktif atau deduktif.

A. Penalaran Induktif
Penalaran induktif adalah proses penalaran yang bertolak dari peristiwa-peristiwa yang sifatnya khusus menuju pernyataan atau simpulan umum. Penalaran induktif meliputi:

JENIS-JENIS SURAT II

 A. Undangan
Surat undangan adalah surat yang isinya bertujuan mengundang kehadiran seseorang maupun kelompok orang sesuai dengan yang tercantum dalam alamat surat. Surat undangan dapat bersifat resmi, dapat pula bersifat pribadi. Jika ditulis atas nama lembaga, surat undangan itu bersifat resmi. Jika ditulis oleh perseorangan, surat undangan itu bersifat pribadi.

HIKAYAT AMIR HAMZAH


 Adalah seorang raja di Medain, bernama Kobad Syahriar. Sedang perdana menteri kerajaan itu bernama Khawajeh Alqasy. Perdana menteri ini bersahabat karib dengan seseorang yang bernama Bakhti Jamal. Bermula persahabatan dua orang inilah cerita Amir Hamzah dimulai.

Selasa, 15 Mei 2012

JENIS-JENIS SURAT


A. Surat Resmi
Surat resmi adalah surat yang dikirimkan oleh kantor pemerintah atau swasta kepada kantor pemerintah, atau dikirimkan oleh perseorangan kepada kantor pemerintah dan sebaliknya. Dikarenakan sifatnya yang resmi, dalam surat terdapat hubungan yang bersifat lugas dan seperlunya saja (langsung pad pokok pembicaraan atau permasalahan yang ingin disampaikan). Beberapa jenis surat yang tergolong surat resmi sebagai berikut:

HIKAYAT CABE RAWIT

Pada zaman dahulu kala, di sebuah kampung antah berantah, hidulah sepasang suami istri. Mereka merupakan sebuah keluarga yang sangat miskin. Rumahnya dari pelepah daun rumbia yang didirikan seperti pagar sangkar puyuh. Atap rumah mereka dari daun rumbia yang dianyam. Tidak ada lantai semen atau papan di rumah tersebut, kecuali tanah yang diratakan dan dipadatkan. Di sana tikar anyaman daun pandan digelar untuk tempat duduk dan istirahat keluarga tersebut.

Senin, 14 Mei 2012

JENIS-JENIS KATA


Kata adalah kumpulan bunyi ujaran yang mengandung sebuah arti yang jelas. Atau, kata adalah susunan dari huruf-huruf abjad yang mempunyai arti tertentu. Dengan demikian,m apabila ada kumpulan bunyi ujaran atau kumpulan beberapa huruf abjad namun tidak mengandung arti yang jelas, maka itu tidak dinamakan kata.
Menurut jenisnya, dalam bahasa Indonesia kata dapat dibedakan menjadi sepuluh jenis, yaitu :

AFIKSASI (IMBUHAN)


Afiksasi merupakan nama lain dari morfem terikat. Morfem terikat merupakan kata yang tidak dapat berdiri sendiri. Sedangkan kata yang dapat berdiri sendiri disebut sebagai morfem bebas. Morfem bebas merupakan kata dasar yang dapat berdiri sendiri. Kata dasar dapat berupa kata benda, kata sifat, kata kerja, dan lain-lain. Penggabungan morfem bebas dan morfem terikat akan membentuk kata jadian.
Afiksasi dibedakan menjadi beberapa kelompok:

KESALAHAN BERBAHASA


 Dalam pemakaian bahasa Indonesia, termasuk bahasa Indonesia ragam ilmiah, sering dijumpai  penyimpangan dari kaidah yang berlaku sehingga mempengaruhi kejelasan pesan yang disampaikan. Penyimpangan/ kesalahan umum dalam berbahasa Indonesia dapat diklasifikasikan sebagai berikut.

1.Hiperkorek
Hiperkorek adalah kesalahan berbahasa karena “membetulkan” bentuk yang sudah benar sehingga menjadi salah. Contoh:

PARAGRAF


Definisi paragraf
Paragraf atau alinea adalah satuan bentuk bahasa yang biasanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat. Di surat kabar sering kita temukan paragraf yang hanya terdiri atas satu kalimat saja. Paragraf semacam itu merupakan paragraf yang tidak dikembangkan. Dalam karangan yang bersifat ilmiah paragraf semacam itu jarang kita jumpai.
Dalam penggabungan beberapa kalimat menjadi sebuah paragraf itu diperlukan adanya kesatuan dan kepaduan.

MORFOLOGI


Morfologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mengkaji bentuk bahasa serta pengaruh perubahan bentuk bahasa pada fungsi dan arti kata. Sasaran dalam pengkajian dalam morfologi ialah kata dan morfem. Kita mengetahui bahwa bentuk-bentuk kata dalam bahasa Indonesia harapan, beraharap, dan diharapkan pastilah mengandung lebih dari satu unsur, yaitu unsur harap ,dan sejumlah unsur yang lain seperti -an,-ber,-di,-dan,-kan. Semua unsur itu disebut morfem.

BUNYI VOKAL DAN KONSONAN

Secara umum bunyi bahasa dibedakan atas vokal, konsonan, dan semivokal. Perbedaan antara vokal dan konsonan didasarkan pada ada atau tidaknya hambatan (proses artikulasi) pada alat bicara. Bunyi huruf vokal adalah bunyi yang tidak disertai hambatan pada alat bicara, hambatan hanya terdapat pada pita suara, tidak terdapat artikulasi, semua vokal dihasilkan dengan bergetarnya pita suara. Dengan demikian semua vokal adalah bunyi suara. Sedangkan, bunyi huruf konsonan adalah bunyi yang dibentuk dengan menghambat arus udara pada sebagian alat bicara, terdapat artikulasi.

Minggu, 13 Mei 2012

HIKAYAT BURUNG CENDRAWASIH


 Sahibul hikayat telah diriwayatkan dalam Kitab Tajul Muluk, mengisahkan seekor burung yang bergelar burung cenderawasih. Adapun asal usulnya bermula dari kayangan. Menurut kebanyakan orang lama yang arif mengatakan ianya berasal dari syurga dan selalu berdamping dengan para wali. Memiliki kepala seperti kuning keemasan. Dengan empat sayap yang tiada taranya. Akan kelihatan sangat jelas sekiranya bersayap penuh adanya. Sesuatu yang sangat nyata perbezaannya adalah dua antena atau ekor ‘areil‘ yang panjang di ekor belakang. Barangsiapa yang melihatnya pastilah terpegun dan takjub akan keindahan dan kepelikan burung cenderawasih.

HIKAYAT BUNGA KEMUNING


 Dahulu kala, ada seorang raja yang memiliki sepuluh orang puteri yang cantik-cantik. Sang raja dikenal sebagai raja yang bijaksana. Tetapi ia terlalu sibuk dengan kepemimpinannya, karena itu ia tidak mampu untuk mendidik anak-anaknya. Istri sang raja sudah meninggal ketika melahirkan anaknya yang bungsu, sehingga anak sang raja diasuh oleh inang pengasuh. Puteri-puteri Raja menjadi manja dan nakal. Mereka hanya suka bermain di danau. Mereka tak mau belajar dan juga tak mau membantu ayah mereka. Pertengkaran sering terjadi di antara mereka.

BATU BELAH


 Pada jaman dahulu di tanah Gayo, Aceh – hiduplah sebuah keluarga petani yang sangat miskin. Ladang yang mereka punyai pun hanya sepetak kecil saja sehingga hasil ladang mereka tidak mampu untuk menyambung hidup selama semusim, sedangkan ternak mereka pun hanya dua ekor kambing yang kurus dan sakit-sakitan. Oleh karena itu, untuk menyambung hidup keluarganya, petani itu menjala ikan di sungai Krueng Peusangan atau memasang jerat burung di hutan. Apabila ada burung yang berhasil terjerat dalam perangkapnya, ia akan membawa burung itu untuk dijual ke kota.

BURUNG RUAI


Menurut informasi orang bahwa di daerah tersebut terdapat sebuah kerajaan yang kecil, letaknya tidak jauh dari Gunung Bawang yang berdampingan dengan Gunung Ruai. Tidak jauh dari kedua gunung dimaksud terdapatlah sebuah gua yang bernama ”Gua Batu”, di dalamnya terdapat banyak aliran sungai kecil yang di dalamnya terdapat banyak ikan dan gua tersebut dihuni oleh seorang kakek tua renta yang boleh dikatakan ”sakti”.