Sabtu, 26 Mei 2012

JENIS-JENIS MEMBACA

A. Membaca cepat
Teknik membaca cepat dapat digunakan sebagai salah satu cara belajar efektif. Membaca cepat merupakan teknik membaca dengan memindahkan padangan mata secara cepat, kata demi kata, frase demi frase, atau baris demi baris. Teknik membaca cepat bertujuan agar pembaca dapat memahami bacaan dengan cepat. Cara membaca cepat:
1. Konsentrasi saat membaca.
2. Menghilangkan kebiasaan membaca dengan bersuara dan bibir bergerak.

UNSUR KARYA SASTRA

Secara umum karya sastra (modern) khususnya prosa memiliki dua unsur pokok, yaitu unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik sastra adalah unsur yang membangun suatu karya sastra dari dalam. Sedangkan unsur ekstrinsik sastra adalah unsur luar yang memengaruhi suatu karya sastra.
A. Unsur Intrinsik
Bagian-bagian dari unsur intrinsik sastra yaitu:
1. Tema adalah pokok pikiran pengarang, inti cerita karya sastra itu.
2. Tokoh adalah lakon yang diperankan oleh seseorang

Jumat, 25 Mei 2012

CONTOH PENULISAN ABSTRAK DALAM KARYA ILMIAH

Pada posting sebelumnya mengenai karya ilmiah, pengertian dan sistematika penulisannya. Beberapa bagian dari penulisan karya ilmiah seperi contoh pendahuluan, kajian pustaka, metode penelitian, dan daftar pustaka, sudah dijelaskan. Selanjutnya pada posting kali ini dipaparkan pula contoh penulisan abstrak pada karya tulis ilmiah. Abstrak adalah bagian yang menjelaskan pokok masalah secara singkat dalam pembahasan suatu karya ilmiah, biasanya juga disertakan alasan utama dilakukannya suatu penelitian seperti yang dijelaskan pada bagian pendahuluan (namun tetap dipaparkan menjadi lebih ringkas).

Kamis, 24 Mei 2012

MERAWAT BAHASA INDONESIA


Oleh Salahuddin Wahid
Dari tiga butir Sumpah Pemuda, mungkin sumpah ketiga yang tidak banyak mengandung masalah. Kita mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Namun, tanah yang satu itu sudah banyak yang dikuasai oleh pihak luar negeri, lebih banyak untuk kepentingan mereka dibandingkan dengan untuk kepentingan anak bangsa (kecuali segelintir pejabat dan pengusaha).

PENGGUNAAN BAHASA INDONESIA GAUL DI DUNIA PENDIDIKAN


Dewasa ini, keprihatinan terhadap pemakaian Bahasa Indonesia yang baik dan benar semakin meningkat. Memang data penelitian terhadap gejala ini tidak disertakan. Namun sebagai seorang guru, saya menangkap fenomena ini sekaligus dapat merasakan keprihatinan yang sama bersama rekan-rekan guru lainnya di berbagai belahan bumi nusantara.
Idealnya, bangsa Indonesia dari segala generasi harus mampu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, baik secara lisan maupun tulisan. Hal ini sangat penting, mengingat Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional yang memersatukan negeri ini.

PENYEBAB GIZI BURUK BAHASA INDONESIA


Tri Harun Syafii. Seperti pernah diungkapkan M. Syahrizal dalam artikelnya pekan lalu, mengenai merebaknya bahasa alay menjadi budaya bahasa yang berdampak terhadap kegadisan bahasa Indonesia, kini menjangkit menjadi virus yang mematikan. Bahkan pemakaian bahasa alay menjadi bahasa yang membudaya di Indonesia, khusunya dikalangan remaja yang menjadi penerus majunya bangsa ini.

BAHASA GAUL ANCAM BAHASA INDONESIA


Jakarta, 10 Oktober 2010 07:00
Perkembangan zaman dan teknologi informasi telah menggiring kaum muda untuk berkomunikasi dengan caranya sendiri, hingga bisa mengancam bahasa Indonesia. "Bahasa Indonesia yang baik dan benar pun jadi korbannya dan kalau mau menggunakan bahasa Indonesia total saja. Jangan dicampur dengan bahasa rekaan sendiri atas nama bahasa gaul," kata Ketua Program Studi Indonesia Universitas Indonesia,

DISKUSI

Diskusi adalah forum bertukar pikiran mengenai suatu permasalahan khusus dalam bentuk musyawarah. Masalah yang didiskusikan adalah masalah yang menyangkut kepentingan bersama. Orang-orang yang umumnya terlibat dalam suatu diskusi memiliki perannya masing-masing, antara lain ada yang bertugas sebagai moderator (pemimpin jalannya diskusi), penyaji (orang yang mempresentasikan atau menyediakan bahasan yang didiskusikan), notulis (orang yang menulis dan melaporkan hasil diskusi), dan peserta

KARANGAN

Karangan adalah sebuah wacana yang terdiri dari beberapa paragraf padu dan memiliki kesatuan antara paragraf satu dengan yang lainnya. Sehingga dalam satu karangan memiliki sebuah judul dan tema yang menggambar keseluruhan isi karangan tersebut. Berdasarkan sifatnya karangan dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut.
A. Karangan Fiksi dan Nonfiksi
1. Karangan Fiksi
Karangan fiksi yaitu karangan yang berisi kisahan atau cerita yang dibuat berdasarkan khayalan atau imajinasi pengarang. Fiksi atau cerita rekaan biasanya berbentuk roman, novel, dan cerita pendek (cerpen).

Selasa, 22 Mei 2012

CONTOH LAPORAN HASIL WAWANCARA (NARASI)



Berdasarkan petunjuk, metode, dan teknik pelaksanaan wawancara yang dipaparkan pada posting sebelumnya. Berikut contoh laporan hasil wawancara yang disusun menggunakan narasi. 

WAWANCARA

Wawancara adalah proses dialog antara orang yang mencari informasi dengan orang yang memberi informasi. Pemberi informasi biasanya adalah seorang pakar (ahli) yang menjadi spesialis dalam satu bidang tertentu atau yang dianggap mengenal dan mengetahui suatu masalah secara baik.
Petunjuk Cara Menyusun Pertanyaan Wawancara: 
a. Pertanyaan-pertanyaan yang disusun untuk memperoleh informasi dan data yang diperlukan sesuai dengan tujuan wawancara yang ditentukan.
b. Pertanyaan tidak terlalu panjang. Setiap pertanyaan hendaknya hanya menanyakan satu hal.

CONTOH LAPORAN KUNJUNGAN

Selain laporan perjalanan seperti yang dipaparkan pada posting sebelumnya, ada pula jenis laporan lain yakni laporan kunjungan. Kedua laporan ini sebenarnya sama saja, hanya berbeda dari penyebutan judulnya. Dalam contoh posting kali ini, dipaparkan contoh penulisan kunjungan yang lebih sederhana sistematika penulisannya daripada laporan perjalanan. Berikut contoh penulisan laporan kunjungan:

CONTOH LAPORAN PERJALANAN

Laporang perjalanan adalah laporan yang dibuat setelah melakukan perjalanan ke suatu tempat dengan tujuan atau urusan tertentu. Laporan ini dibuat harus berdasarkan proses pelaksanaan perjalanan tersebut, dijelaskan secara jelas dasar dan tujuan kegiatan, serta diterakan secara benar materi, tempat, dan waktu pelaksanaan kegiatan tersebut.Berikut contoh laporan perjalanan:

PIDATO

Pidato merupakan salah satu bentuk komunikasi lisan. Oleh karena itu, unsur-unsur yang berupa intonasi (tempo, tekanan, dan panjang pendek ucapan), gerak-geri, dan mimik merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan komunikasi lisan.

A. Macam Pidato Berdasarkan Tujuan
1. Pidato Persuasif
a. Bersifat mendorong atau mengajak
b. Reaksi yang diinginkan adalah membangkitkan emosi, agar pendengar

Senin, 21 Mei 2012

CONTOH PENULISAN METODE PENELITIAN


Pada beberapa posting sebelumnya, sudah dipaparkan contoh bagian-bagian karya ilmiah, seperti pendahuluan, kajian pustaka, dan daftar pustaka. Selanjutnya pada posting kali ini dapat dilihat contoh penulisan metode penelitian pada karya ilmiah. Metode penelitian yang disajikan merupakan jenis metode penelitian pada karya ilmiah yang bersifat kualitatif (menjelaskan isi penelitian dengan kata-kata).

BAHASA BERITA

Bahasa dalam penyusunan laporan berita khusunya pada penulisan judul memang memiliki gayanya tersendiri. Namun sekarang, bahwasanya banyak media berita yang mengabaikan sistematika penulisan judul yang tepat. Seperti halnya yang sudah kita ketahui bahwa orang selalu berkata, "Judul itu harus ditulis SINGKAT, JELAS, dan PADAT". Pengertian kata 'padat' dalam penulisan judul teks atau wacana adalah mencakup keseluruhan isi dari teks itu. Pada kenyataannya judul-judul berita hanya berpatokan pada 'kepadatan' tapi tidak disertai dengan 'kejelasan', sehingga judul hanya menjadi singkat tanpa jelas menggambarkan isi teks tersebut. 
Jika hal tersebut dilakukan dengan dalih, "makanya baca dulu isinya baru memahami isi teks". Walau bagaimanapun maksud dan tujuan dari penulisan judul yang semacam itu, perlu dipertimbangkan respon yang muncul atau tanggapan orang-orang ketika membacanya.

LAPORAN (FORMAL DAN INFORMAL)

Laporan adalah karya tulis ilmiah yang dibuat oleh seseorang atau kelompok orang setelah menyelesaikan tugas yang diberikan. Laporan berfungsi sebagai: 1) alat pertanggungjawaban secara tertulis, 2) alat pendokumentasian data, 3) alat studi banding, 4) alat pengambilan keputusan, dan 5) melatih berpikir sistematis.

Minggu, 20 Mei 2012

MAJAS (GAYA BAHASA)

A. Majas Perbandingan
1. Personifikasi adalah majas yang melukiskan suatu benda dengan memberikan sifat-sifat manusia kepada benda-benda mati sehingga seolah-olah memiliki sifat seperti manusia atau benda hidup lainnya. Singkatnya, majas ini dapat dikatakan "menggambarkan benda mati seolah hidup".
Contoh: Ombak berlari-larian di pantai
2. Metafora adalah majas perbandingan yang melukiskan sesuatu dengan perbandingan langsung dan tepat atas dasar sifat yang sama atau